Dreamy Backpacker: 500 yen, Keliling Tokyo Seharian Tanpa Batas!!!

27/11/15

500 yen, Keliling Tokyo Seharian Tanpa Batas!!!


Pagi itu aku dan rombongan baru saja tiba di Bandara Internasional Narita Tokyo. Bandara ini letaknya cukup jauh dari pusat kota Tokyo yang harus ditempuh selama hampir 1 jam, berbeda dengan bandara Haneda yang hanya butuh 30 menit perjalanan. Makanya, tarif keretanya pun mahal, mulai dari 1400 yen untuk yang biasa dan 2400 yen untuk yang express. Kota Tokyo pun termasyur dengan mahalnya biaya transportasi. Oleh karena itu aku harus bermain siasat.


Sebelum berangkat ke Jepang, aku sudah mencari informasi dari segala penjuru. Membandingkan semua transportasi dan discount pass yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang. Banyak pilihan. Walaupun harga menjadi pertimbangan utama tapi itinerary atau rencana perjalanan yang sudah aku susun juga tak kalah pentingnya. Jadi lah aku memutuskan untuk membeli Keisei Skyliner and Tokyo Subway 3-day tickets untuk 3 hari naik subway di Tokyo yang “cuma” 3500 yen. Lebih hemat dari pada membeli tiket skyliner satu arah 2.470 yen, dan Subway pass 1.000 yen per hari, jadi totalnya 5.470 yen. Lumayan, irit 1.970 yen.

Dengan langkah gontai akibat perjalanan udara yang cukup panjang, aku mencoba mencari loket Keisei Skyliner.

“good morning? How can I help you?”, sapa si penjaga konter dengan wajah berseri-seri.

“Yes, i need to buy Keisei Skyliner to Asakusabashi and Tokyo Subway 3-day tickets for 14 people.”, jawabku yakin sambil mengaduk-aduk dompet bersiap untuk membayar.

“ano... you can buy keisei ticket but you better buy 3 days pass from that counter.” Katanya seraya menunjuk konter Keisei Bus yang ada di paling ujung.

“but you sell 3 day pass, aren’t you??” aku dah mulai emosi.

“yes, but if you go to Asakusabashi, you can buy Narita Sky Access ticket for 1.290 yen and 3 day pass for 1.500 yen. So you can save more”, jelasnya dengan senyum manis yang perlahan mulai memudar.

Wah sudah mulai ngatur – ngatur nih mbaknya. Aku kan sudah menginvestigasi segala macem mode transportasi yang paling murah, dan aku tahu pasti bahwa produknya dia yang paling terjangkau. Darahku mulai mendidih, efek jetlag yang belum pudar.

“Okey, i’ll be right back.” Dengan langkah pasti berharap membuktikan si mbaknya salah, aku menuju ke konter yang dia tunjuk.

“Hi, i want to buy 3 day pass for 14 people.”

Dengan sigap perempuan di depanku ini memainkan jarinya di kalkulator.

21.000 yen.

Eh. Loh. Eh. Loh. 21.000 yen berarti per orangnya bayar 1,500 yen. Murahnyaaa. Totalnya bisa irit 2.680 yen. Lebih dari Rp.300.000.

Tokyo Subway Ticket


Setelah membayar, aku tersenyum bahagia, melangkah pergi dengan langkah seringan kelopak bunga sakura diterpa angin musim semi.

Untuk detail informasi tentang Tokyo Subway Ticket, silakan kunjungi Bermain Siasat dengan Transportasi : Tokyo Subway Ticket.

14 komentar:

  1. Tp subway jln nya muter2 kan n pk tangga jarang yg ada liftnya n klu sdh sore menjelang mlm udh sepi.arum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya gak muter-muter mba.. setiap subway ada banyak exit, kalau salah exit bisa agak bingung cari lokasi yang kita tuju. thats why sebelum keluar dr subway, baca petunjuk exitnya kalau masih bingung tanya ke petugas. :) kalau untuk lift, hampir di seluruh stasiun subway di Tokyo ada liftnya, kalaupun tidak ada pasti ada eskalatornya. Malah stasiun JR yang jarang ada liftnya.
      untuk sepi atau tidaknya pas malam, tergantung daerahnya, tapi selama aku ada disana, jarang sepi keretanya.
      Btw thanks udah berkunjung ke sini mba... ^_^

      Hapus
  2. mba arum buka traveling untuk ke jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2015 sudah 2 trip, sist. awal tahun ini (maret) ke korea. Mungkin next trip ke Jepang lagi.. tapi masih belum dipastikan :)

      Hapus
  3. sis, numpang tanya lg ya, untuk tokyo subway 3day pass itu bisa dibeli dimana aja yah? yg seharga JPY 1500 ini. Ini bisa untuk naik subway nya saja ya? kebetulan saya akan main di tokyo selama 4 hari, dimana ada 1 hari yang saya mau ke Disneyland, dan di hari lain nya ke Fuji. Bisa bantu advise saya baiknya beli kartu transportasi apa ya di Tokyo? Arigatiou mba Arum.. btw blog nya sangat membantu sekali hhehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas,

      lebih irit pake itungan gini (perumpaan stay di Akihabara)
      1. Hari Pertama Disney Land: Akihabara - Ochamizu (Transit) - Tokyo (transit)- Maitama (DISNEYLAND). Sekali jalan 220 yen, jadi PP 440 yen. Naiknya selalu yg JR bukan subway
      2. Hari ke 2 Fuji : Akihabara - Shinjuku. Sekali jalan 170 yen, jadi PP 340 yen. Dari shinjuku menuju fuji bisa naik bus atau kereta.
      3. Hari ke 3 dan ke 4, buat keliling Tokyo bisa beli 2 day subway ticket (1200 yen). detailnya bisa baca disini http://arumisdreaming.blogspot.co.id/2015/11/bermain-siasat-dengan-transportasi.html

      Jadi selama di Tokyo hanya perlu mengeluarkan 2.010 yen.

      Semoga bisa membantu ^_^

      Hapus
  4. keren deh, jadi mupeng banget. pengen bisa jalan2 kesono kayak kamu,,, ^_^
    btw, kalo ada rencana lagi ke Korea/Jepang di akhir tahun 2016 atau di tahun 2017 kabar2 yaaakk... ini email ku nurulalfiana33@gmail.com ^_^
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, nurul

      makasih dah baca ya. Insya Allah Pikkunikku ke Jepang mo ada lagi bulan Maret tahun depan (March 2017). Kabar selanjutnya akan dipost di blog dan social mediaku. Arigatou @_@

      Hapus
  5. Hai mau nanya mbak, kalo beli 3 days pass nya bukan di bandara bisa g beli di tempat lain?lokasi beli nya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa baca di sini http://arumisdreaming.blogspot.co.id/2015/11/bermain-siasat-dengan-transportasi.html

      thx udah mampir :)

      Hapus
  6. Maaf mbak arum mau tanya dong...
    Saya udah baca banyak artiker ttg kliling jepang / tokyo dan ada banyak tiket ajaib yg disebutkan masing masing mengklaim paling ampuh lah.. misal kayak JR Pass, suica, pasmo dll. Saya jadi bingung mana yg bisa saya percaya..

    Tapi klo misal saya mau keliling Tokyo doang, efektif nya pake kartu apa ya? Apa manut kartu nya mbak arum aja? Saya sih cuma mau ngunjungin shibuya, shinjuku, akihabara dan harajuku doang.. mau jauh jauh takut nyasar soalnya sendirian n pertama kali mbak??

    Makasih ya klo udah mau jawab, oh ya aku di sana cuma 3 hari doang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi Khafidh,

      Semuanya bisa dipercaya kok dengan kelebihannya masing - masing

      JR Pass cocok untuk perjalanan dengan rute yang berjarak jauh satu sama lain. Misal 7 hari ke Fukuoka, Nagano, Nagoya, Tokyo, osaka, Aomori

      Suica dan Pasmo itu sama, fungsinya mirip kartu Flazz BCA.

      Kalau menurutku paling cocok buat kamu itu Tokyo Subway Ticket. Lumayan irit , tapi ga bisa naik kereta JR (Yamanote line) bisanya cm subway.

      Kalau ga mau pusing pilih kereta JR atau Subway, bisa pakai Pasmo atau Suica (bisa dipakai di semua kereta). Saldo habis tinggal isi lagi.

      semoga bisa membantu ^_^

      Hapus
  7. hi mbak arum
    saya filla saya rencana ke jepang maret tahun depan, lagi bingung mw ambil pass yang mana karna rencana nya saya mw keliling asakusa, shinjuku, odaiba, shibuya, disneysea dan berkunjung ke Mt.Fuji juga, bisa kasih saran gak mbak kira2 pass apa yang cocok dengan perjalanan saya.
    terima kasih mbak

    BalasHapus
  8. Semoga bisa nyusul kesana juga, pengen bgt ke Japan tp blm kesampaian :(

    Download/Watch Zoolander 2 (2016)

    BalasHapus