Dreamy Backpacker: Detail Pengeluaran Solo Backpacking Dreamy di Korea Selatan

24/02/16

Detail Pengeluaran Solo Backpacking Dreamy di Korea Selatan

Berikut detail pengeluaranku ketika melakukan perjalanan di Korea Selatan pada bulan Mei 2015 dengan rute Seoul - Nami - Busan- Jeju- Seoul selama 6 hari 4 malam. 
















 Catatan:

  1. Kurs yang aku pakai KRW 1 = IDR 11.5. Kalau per hari ini (25 Feb 2016), KRW 1 = IDR 11.8.
  2. Sebenarnya masih banyak yang bisa dihemat, tapi karena ada kejadian - kejadian yang tak terduga, jadinya aku terpaksa mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Misal hari ke 2 harusnya aku ke Busan dengan Korail Pass (KRW 70.200), tapi karena terlalu betah di Nami akhirnya batal ke Busan dan Korail Pass hangus. Baru berangkat ke Busan hari berikutnya dengan Korail Pass yang baru. Lalu di Jeju, HP ku jatuh ke air dan mati, dengan sangat - sangat terpaksa sewa iphone (KRW 28.000).
  3. Untuk tahu rute subway, harga, waktu tempuh dan jadwal realtime subway di kota Seoul, Busan, Daegu, Daejeon, dan Gwangju bisa download aplikasi Subway Korea dengan developer Malang Studio di appstore atau Google Play. Dan jika menggunakan T-Money untuk membayar tiket subway, dapat diskon KRW 100/ perjalanan dari pada beli tiket reguler. T-Money kalau di Indonesia serupa dengan Kartu Flazz BCA dan teman - temannya.
  4. Berikut tips dan tricknya untuk berhemat di Korea Selatan:
  • Susah sewa modem WiFi (umumnya dikenal WiFi Egg) karena tidak punya kartu kredit, solusinya adalah WiFi gratisan yang biasanya ada di kafe - kafe atau destinasi turis. Tapi kalau aku lebih suka pakai KT Olleh Wifi yang passwordnya dijual di convenience store di seluruh Korea Selatan. Aku selalu beli di CU. Dengan  pilihan paket 1 hari (KRW 3.300) dan 1 jam (KRW 1.100). Detailnya akan aku ceritakan di postingan terpisah.
  • Pilih tempat makan dekat dengan kampus atau agak di dalam. Biasanya harganya lebih murah. Lalu beli telur 3 butir di stasiun kereta, kimbab di Seven Eleven, penjaja makanan di daerah kampus juga bisa jadi pilihan. 
  • Minum gratis di Starbucks. Kebetulan banyak teman yang nitip dibelikan tumbler Starbucks. Jumlahnya sekitar 15 tumbler. Di Korea Selatan, apabila membeli 1 tumbler dapat 1 free drink. jadi aku minum hot chocolate gratis selama di Korea. Kalau 1 minuman sekitar IDR 50 ribu, aku bisa irit IDR 750 ribu.
  • Pilih penerbangan ke Jeju di hari kerja. Paling murah keliling Jeju naik bus umum, tapi kalau waktunya sedikit, aku sarankan jangan naik bus. Waktu tunggunya lumayan lama, dan kadang ada tempat - tempat yang tidak dilewati bus umum. Rekomendasiku apabila sendirian bisa ikut bus tour (Yeha Tour KRW 79.000/ hari dan dapat diskon KRW 10.000 apabila menginap di Yeha Guesthouse), kalau berdua - empat orang sewa guided taxi (KRW 150.000/8 jam), sewa jumbo taxi (KRW 200.000/8 jam) untuk berlima - delapan orang 
Semoga berguna.. Tunggu detail ceritanya di posting - posting selanjutnya ^_^

Selamat berhitung, selamat jalan - jalan


6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. g' pernah bosan baca postingan ka' arum ^_^
    semoga kapan - kapan bisa ngikut tournya hehehe amin :D

    BalasHapus
  3. Terimakasih sharingnya sist bermanfaat sekali.. Saya rencana mau 6hari juga.. Itu sist 2hari di soul yah?

    BalasHapus