Dreamy Backpacker: Apply Visa Jepang Susah, Rumit, Mahal? SALAH!!

21/04/13

Apply Visa Jepang Susah, Rumit, Mahal? SALAH!!


Membuat visa jepang sangat sulit, proses lama, dan butuh bukti buku tabungan dengan saldo puluhan juta. Anggapan seperti inilah yang membuat banyak orang termasuk aku agak kurang percaya diri untuk mengajukan visa.
Tapi tahun ini saatnya aku mewujudkan mimpi. Perjalanan ke Jepang kali ini aku berangkat bersama Sita, Mas Eko dan istrinya, mbak Neni. Satu hal yang agak aku khawatirkan adalah paspor Mbak Neni karena masih kosong alias baru. Sepengetahuanku visa akan lebih mudah disetujui apabila kita pernah mendapat visa negara lain. Kebetulan aku dan Sita punya visa beberapa negara dan mas Eko paling tidak ada visa Malaysia. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, aku minta supaya saldo tabungan Mbak Neni lebih dari cukup untuk hidup di Tokyo selama 5 hari. Beberapa hari sebelum mengajukan visa, kami pergi ke kedutaan Jepang dan menanyakan perihal paspor baru tadi. Ternyata paspor baru atau kosong tidak masalah asal masa berlakunya masih lebih dari 6 bulan. 
Syarat-syarat untuk mengajukan visa jepang dengan Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri adalah sebagai berikut:
  1. Paspor
  2. Formulir Permohonan Visa. PDF bisa didownload di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
  3. Pasfoto terbaru (ukuran 4.5 x 4.5) dan tanpa latar. Saranku ketika ke foto studio, bilang ke pegawainya bahwa fotonya untuk visa Jepang. Biasanya mereka tahu, syarat dan ukurannya. 
  4. Foto kopi KTP
  5. Foto kopi kartu mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (apabila mahasiswa)
  6. Bukti Pemesanan Tiket Pesawat
  7. Jadwal perjalanan. Usahakan jangan terlalu berlebihan, dan dalam satu hari tetap berada di satu wilayah yang berdekatan walaupun pada prakteknya tidak. Aku sendiri awalnya cukup bingung menyusunnya karena memang tidak memiliki tujuan yang spesifik tapi dengan bantuan Lonely Planet Japan, jadwal perjalanan berhasil disusun. 
  8. Fotokopi dokumen yang menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti KK, akta lahir, buku nikah (bila pemohon lebih dari 1).
  9. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan seperti rekening Koran atau buku tabungan  bulan terakhir. Menurutku saldo yang aman rumusnya ini: (Jumlah hari perjalanan x Rp.1000.000) + harga normal tiket pulang. Jadi kalau aku, (11xRp.1000.000)+Rp.4.000.000=Rp.15.000.000. Tapi perlu dingat bahwa tidak ada aturan pasti mengenai berapa saldo yang memenuhi syarat.

Cara Pengisian Form Aplikasi (1)

Cara Pengisian Form Aplikasi (2)


Form Aplikasi ku

Form Aplikasi ku (2)


Contoh Itinerary



Setelah semua berkas dipastikan urut dan rapi, Senin pagi (18/2), kami berempat pergi ke Kedutaan Jepang yang berlokasi di Jl. MH. Thamrin 24, sebelah EX Plaza Indonesia. Sesampainya di sana antrian tidak begitu panjang. Sebagai catatan waktu pengajuan visa adalah 8.30 – 12.00 sedangkan pengambilan visa 13.30 – 15.00.
Ketika sedang antri ada lelaki muda yang bertanya kepada kami, “nanti bayarnya langsung ya mbak?”
“Iya mas. Bayar 350 ribu. Soalnya disetujui atau ditolak tetap bayar. Jadi bayarnya pas mengajukan”, jawabku seyakin bahwa matahari terbit dari timur.
Alhasil mas yang berkulit putih itu bingung dan langsung lari, sepertinya mencari ATM karena kedutaan hanya menerima uang tunai.
10 menit kemudian, dia datang terrgopoh – gopoh dengan mukanya yang putih sekarang tambah pucat itu.
“sudah mbak, sudah ambil”, katanya sambil menata nafas.
Aku hanya tersenyum.
Sesaat kemudian, nomerku dipanggil. Setelah semua persyaratan dicek dan diteliti, kemudian petugasnya memberikanku slip kuning, dan aku disuruh datang 4 hari lagi untuk mengetahui apakah visaku disetujui (granted) atau ditolak (rejected) ataukah harus melengkapi persyaratan yang kurang.

Slip kuning

Aku baru sadar ternyata belum waktunya bayar. Dengan perasaan bersalah dan malu pada si mas nya tadi, kami dengan secepat kilat keluar dari kedutaan, sebisa mungkin menghindari kontak mata dengan dia. Semoga tidak ada dendam antara kami.
4 hari kemudian (22/2), aku, Sita, mbak Neni ditemani oleh Devi, teman kantorku bersiap mengetahui nasib visa kami. Karena bekerja di Kalimantan, mas Eko tidak bisa datang dan dapat diwakilkan asal bisa menunjukkan slip pengajuannya. Kali ini kami datang agak siang, sekitar pukul dua. Dan suasana ruang visa yang biasanya hanya dipenuhi oleh agen perjalanan itu, kini penuh dengan orang – orang yang menanti kepastian seperti kami. Aku harus menunggu 40 menit  sebelum akhirnya dipanggil.
“delapan puluh satu”, terdengar pengumuman
“nah, itu aku.”, dengan hati dag dig dug, aku memantapkan hati untuk melangkah. Aku sudah menyiapkan jiwa dan raga untuk jawaban apapun.
Aku berikan slip kuningku, dan kurang dari 2 menit si petugas menyerahkan pasporku dengan visa jepang 15 hari di dalamnya. Alhamdulillah. Hari yang aku tunggu 15 tahun, akan segera terwujud.

94 komentar:

  1. nice post!!
    saran dikit..head blog nya sepertinya kegedean..diresize ukuran yang pas dengan halaman blog *IMHO

    BalasHapus
  2. Sip.. Thx 4 the input.. :p..lagi order header ama adikku :))

    BalasHapus
  3. Ruum.. cerita "lucu" pas ngambil visanya ga dimasukin blog? wkwkw

    BalasHapus
  4. Nanti akan ada bagian khusus untuk itu.. aku simpan itu buat kumpulan kisah aneh tapi nyataku sebelum, selama dan setelah perjalanan.. Hahahaha

    BalasHapus
  5. yang buat pengen ke jepang ini saatnya bikin visa kesana , ini analisa saya :
    1.jepang sejek terserang tsunami dan masih krisis ( banyak perusahaan elektronik spt sony , panasonic , dll yg nyaris bangkrut ) jadi untuk sementara bergantung banget dengan sektor pariwisata.
    2. yen akhir akhir cenderung melemah terus karena agar barang barang produksi jepang bisa bersaing.kalo yen melemah kan buat jalan jalan disana bisa lebih hemat.

    kesimpulanya pasti akan dipermudah untuk masuk kesana , bahkan eropa dan amerika ( ada temen bikin nggak pake ribet tuh ke amerika padahal pertama kali , yang penting pernah keluar negeri )pun sekarang nggak terlalu sulit . toh mereka mikir kalo kesana kita mau cari kerja lowonganya saja dikit banyakan phk nya malah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok tau!! aku ngurus visa amerika 4 kali di tolak dalam 1 bulan aku ngebet bolak balik kedutaan kayak ngemis rekening tabungan hampir 800jt di 9 rekening aktif punya usaha semua dokumen lengkap di paspor udah ada schengen sama ausy visa tetep ga bisa alasannya blm menikah dan di kartu keluarga cuma ada aku sama sepepuh anggota keluarganya!!

      Hapus
    2. Amerika masih sulit untuk ditembus untuk visa applicationnya. Sangat dimengerti, mengingat pertimbangan keamanan yang sangat ketat. Mungkin temannya agan idontknowwhereiam sangat beruntung bisa grant visanya. Setiap keputusan suatu negara untuk grant visa seseorang emang prerogatif mereka dan mereka tidak harus menjelaskan alasannya. Ada temanku yang gagal terus apply visa Amerika karena masalah nama.

      Hapus
  6. Halo Dreamy backpacker, aku mau tanyaa donk soal buku tabungan yang harus kita lampirkan.
    Apakah bisa fotokopi saja atau kita harus minta legalisir dari Bank?

    Thank you :)

    BalasHapus
  7. @idontknowwhereiam: saya setuju dengan hal menambah pendapatan dari sektor pariwisata. tapi kl yen melemah bukan karena agar barang-barangnya bisa bersaing. namun karena posisi ekonomi mereka di dunia sedikit memang melemah. Jangan salah lho masih banyak orang yang menyalahgunakan visa turis untuk bekerja, makanya pemerintah Jepang sangat berhati2 dalam grant visa. Di sektor informal masih banyak lowongan pekerjaan. saya saja ketika di pesawat menuju haneda ditawari seseorang untuk bekerja part time selama di Tokyo (dibayar 1500 yen per jam/ 150.0000). IMHO :)
    @hellen a.k.a bakii: kl aq kemaren serahkan bukti rekening tiga bulan di fotokopi kemudian di stempel bank.

    BalasHapus
  8. halo dreamy backpacker..
    seruuu banget ya prosesnya..
    klo boleh tau waktu apply visanya ada lampirin bukti bookingan hotel?
    trs yg buat nominal harga tiket plg yg 4juta itu maksudnya harga tiket yg pada umumnya?

    di tunggu balasanya ^^

    BalasHapus
  9. Hello nina.. Salam kenal :)

    Terima kasih berkenan membaca. ^-^

    Walaupun bukti booking hotel tidak diminta, tp tetep aku kasih, biar lebih kompit.. hehe
    kalo yang 4 juta itu harga aman aja buat tiket pulang. Tapi tentunya buat ukuran budget airlines lho..

    BalasHapus
  10. Mbak, kalo ke Malaysia dan Singapore perlu Visa juga kah?

    BalasHapus
  11. Infonya bermanfaat banget....

    BalasHapus
  12. Infonya bermanfaat poolll.kebetulan saya juga mau urus visa ke jepang.tapi saya urus di china.saya mau tanya.tdi saya sempat ke kedutaan jepang di beijing.ya dengan bahasa mandarin saya yg masi pas pas an.nah di salah satu persyaratan ada di minta nama hotel,alamat dan no tlp hotel.nah itu boleh kita beri bebas gak ya?karena saya berencana tinggal diruma teman saya..trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hendrik, boleh tau cara menuju kedubes Jepang di beijing gimana? Nomor bis atau ditie zhan boleh :) saya juga mau apply visa ke Jepang untuk bulan januari.. persyaratannya seperti apa ya? sama kah dengan apply dari Indo?

      Hapus
  13. @anonim1: visa yang digunakan visa kunjungan saat kedatangan. Jadi kita tidak perlu apply visa. Ketika tiba di Bandara Kuala Lumpur atau Changi, nanti dapat stempel visa yang berlaku untuk 30 hari

    @anonim2: Terima kasih :)

    @hendrik: Maksudnya bebas bagaimana? kalau saya lampirkan bookingan hotel biar lebih menyakinkan.

    BalasHapus
  14. Dear Mba Arum, Saya dan suami berniat pergi ke Jepang dengan biaya sendiri bulan NOV'13 nanti, tiket sudah ada. Kira2 kapan sebaiknya apply visa? Sebulan sebelumnya atau dari jauh hari,misalnya dari awal SEPT'13?
    Mohon sharing info kalau tahu ya...

    BalasHapus
  15. wah senengnya bisa ke Jepang bareng suami :)

    visa jepang itu berlaku untuk tiga bulan, jadi kalo berangkat bulan November bisa apply bulan september. Tapi kalo menurut saya, akhir september atau awal oktober.

    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. info nya mantap, tp mbak saya wiraswasta & bukan pelajar seandainya mengajukan visa liburan bisa?

    BalasHapus
  17. makasih bang taufik..

    Bisa kok, tunjukkan bukti foto kopi rekening aja bang... karena tidak diminta, saya juga tidak melampirkan surat keterangan dari kantor..

    :)

    BalasHapus
  18. Hi mau konfirmasi aja. Berarti benar ya ga melampirkan surat kantor juga bisa diterima? Karena tidak diwajibkan kan di websitenya? Terima kasib

    BalasHapus
  19. bisa kok, buktinya saya lolos. Kadang pendaftar melampirkan banyak hal, tapi nanti bakal disortir sama petugasnya dan dikembalikan ke kita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak arum,klo aku mau ke jepang bulan januari 14 tapi pasport baru bikin akhir juli 13 kira2 bisa gak yahh? terus saldo bank itu ada minimumnya gak?tengkiyu yah mbak

      Hapus
    2. Bisa kok.. Yang penting itu, ketika keberangkatan ke Jepang, paspor masih berlaku sekurang-kurangnya 6 bulan. Kalo lebih dari itu, lebih baik. Temenku yang apply visa ke Jepang bulan April lalu, baru bikin paspor bulan Februari, dan grant visanya.. Ganbatte :)

      Hapus
  20. Halo mba kalo boleh tau di form visa bagian paling bawah itu diisi nama perusahaan kita bekerja ya? Saya kan mahasiswa jadi di occupation diisi student nah di bagian perusahaan saya kosongkan saja atau isi nama kampus?

    Lalu di halaman sbelahnya ada profesi orangtua (karena biaya ditanggung orang tua)
    Tapi kita ga diminta alamat kantor orang tua kan?


    Saya isi di rumah nih mba, tulis tanggal pengajuannha pas di kedutaan aja ya?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya, occupation diisi Mahasiswa. bagian perusahaan dikosongi saja.

      Profesi bisa sekalian dibilang tempat kerjanya aja, seumpama Managing Director at PT. Tunas Karya, Tangerang..

      Btw ini cuma pendapatku saja ya :) gut luck

      Hapus
  21. bermanfaat banget postingannya, mba.
    rencana bulan mei depan saya mau ngajak istri+anak ke jepang.
    untuk bukti rekening tabungan itu cukup punya saya saja atau dari istri juga.
    untuk anak berumur 3 tahun apakah perlu juga dibikinkan visa.
    terimakasih mba. mohon bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, terlewat saya balas..
      Bukti rekening tabungan masing-masing.. kalau seumpamanya jumlah saldo istri sekiranya belum mencukupi, untuk memenuhi persyaratan bisa ditransfer dari tabungan mas Arif dulu.

      setahu saya Untuk anak umur 3 tahun juga tetap harus menggunakan visa Jepang.

      Semoga membantu.... :)

      Hapus
  22. Aku pengen banget ke Jepang dari dulu kak. Kalau ada yang punya info harga tiket murah, saya tolong dikasih tau ya :). Arigatouuu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa selalu cek harga tiket di skyscanner.com .. Di website ini, ada perbandingan harga tiket pesawat dari ratusan maskapai. Dan bisa untuk membandingkan harga dalam kurun waktu 6 bulan lebih...

      Selamat menjelajah ya...

      atau kamu juga bisa follow twitter aku di @arumsidreaming, nanti kalau ada tiket murah atau hal-hal berkenaan dengan travelling terutama ke Jepang, aku twit yaa... :)

      Hapus
  23. info yang sangat bagus
    oya saya mau tanya
    pas foto yang tanpa latar itu gimana ya maksudnya?
    takutnya ada operator pas foto yang g tau nih maksudnya pas foto tanpa latar itu seperti apa

    mohon penjelasannya
    terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya itu background putih.. Kalau agan handra posisinya di Jakarta, bisa foto di studio foto di mall ambassador lt.1 dekat all fresh. Pas aku foto disitu, hanya bilang buat visa Jepang, juru fotonya dah paham.

      Semoga penjelasannya berguna. :)

      Hapus
  24. aq mo nanya klo k jepangnya tu atas biaya ortu tp ortu dah pensiunan tu gmn yah??
    td kan d tulis da jaminan dr org yg d jpg. klo saya pny sdra d jpg pa akan lbh mudah memproses visanya??
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau apply Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri :>>
      Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
      Bila pihak Pemohon yang bertanggungjawab atas biaya
      * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya)

      Kalau ada jaminan dr orang jepang, berarti apply Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Teman. Untuk dokumen yang diperlukan bisa lihat disini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_2.html

      Semoga bisa membantu ya.. :)

      Hapus
  25. Mbak arumi, mohon infonya yaa...
    saya februari besok akan mengurus visa jepang, nah kalo untuk yang berkerudung, foto nya bagaimana ya?
    apa di perbolehkan foto berkerudung cuman terlihat muka saja ( telingan tertutup )
    makasiihh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah membaca ya..

      Boleh kok berkerudung. Tahun lalu saya foto mengenakan jilbab. Tidak ada pertanyaan apa2 kok dr petugas di kedutaannya..

      Hapus
  26. Kalau menurut saya, Insya Allah boleh ngurus ulang. Berkas kamu kan belum masuk ke kedutaan, jadi belum terekam datanya. biasanya sebelum diterima, berkas itu dicek petugas. Kalau kurang lengkap, akan langsung dikembalikan. Dan kita boleh balik kapan aja untuk melengkapinya. #IMHO

    BalasHapus
  27. hai mbak mau nanya nih kan sy rencana bakal pergi berempat sama kakak perempuan saya, pacar saya dan teman satu lagi, nah yg saya bgg itu mengenai persyaratan no 8 (Fotokopi dokumen yang menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti KK, akta lahir, buku nikah (bila pemohon lebih dari 1)) jadi maksudnya sy harus menyertakan KK sebagai bukti hubungan saudara sy dgn kakak sy begitu kan ya? lalu jika yg lainnya nggak ada hubungan saudara nggak disertakan nggak apa2 kan ya? makasih banyak :)

    oh ya mbak, kira2 kalo nggak ada guarantor nya masi bisa granted nggak ya? :)

    thank youuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pengalamanku kmrn apply visa berempat. Aku, temenku dan pasangan suami istri. Kami apply masing - masing tanpa mencantumkan persyaratan nomor 8 dan guarantor. aku hanya melampirkan bukti fc buku tabungan..

      Hapus
  28. Mau tanya mbak, saya lihat mbak kan karyawan (PNS), apakah saat mengajukan visa perlu dilampirkan juga surat keterangan kerja dari kantor tempat kita bekerja? Satu lagi mbak, mengisi form aplikasi bisa pakai bahasa Indonesia ya? Thanks ya mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak pakai keterangan kerja, tp sudah siapkan apabila diperlukan.

      Dan formulir bisa diisi dengan bahasa Indonesia, Inggris atau Jepang.

      :)

      Hapus
  29. Halo mbak,
    Saya berencana ke Jepang desember taun ini atau januari taun depan, karna saya pengen ngejar winter disana, itungannya low season ga yah?
    Saya udah pernah dapet visa Australia, kira2 akan lebih mempermudah dapet visa Jepang ga ya mbak?

    Gadisrakus.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, kalau pas New Year Holiday antara tanggal 23 Desember - 02 Januari masuk peak season.

      Daerah2 yang ada resortnya juga pasti rame, jadi kalau bisa lakuin reservasi 6 bulan sebelumnya..

      Insya Allah, lebih gampang kalau ada visa Ausie. Karena dari Ausie saja, persyaratannya cukup sulit.

      best luck for you..:)

      Hapus
  30. mbak mo tanya untuk copy rekening koran itu harus rekening korannya atau buku tabungan juga en referensi dari bank juga? mohon dibantu yak, apa harus ketiga2nya? dilampirkan utk visa jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya saja cukup mbak.. dicetak sampai hari pengajuan visa kalau bisa..

      Hapus
  31. mbak, saya kan rencana mau ke jepang bulan maret pertengahan ini atas undangan teman saya orang jepang dan stay disana 30hari, contoh buat itinerary untuk tinggal disana 30 hari itu gimana ya mbk, saya disana nginepnya dirumah temenku itu, ya mungkin cuma muter2 di area tokyo saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diisi daerah Tokyo semua gak papa mbak.. sehari satu tempat.. gak perlu tempat wisata, seumpama berkunjung ke universitas Tokyo bisa juga..

      Hapus
  32. Mo beli lagi???

    Saya rasa ga masalah, karena dalam visa kan tidak terlihat mo naik pesawat apa. kalau ditanya bilang saja, karena sesuatu hal makanya harus ganti flight. But it is just my humble opinion..

    BalasHapus
  33. salam kenal mba,
    tanya2 ya mba
    saya,adik saya,bude dan keluarga tante rencana akan ke jepang mengunjungi keluarga di sana bulan mei dr tgl 22-31,kita k sna ber 6, sudah ada surat undangan,jaminan dari kakak sepupu saya di sana
    rencana baru mau buat visa tgl awl2 april ini mngkn stlh pileg nanti, msh aman ka ya mba buat visa tgl segitu?
    trus ini kan berarti ada 3 keluarga saya dan adik punya KK yg sama,sedangkan bude dan tante saya punya KK yg beda,apa saat pengajuan visa hrs masing2 orang?bisa ga klo diwakilin ke saya?
    oh ya rencana kakak sepupu saya akan memberikan fc buku tabungannya dan nanti bakal kita lampirin jg buku tabungan kita masing2,aman kan ya mb?klo saya dan adik mngkn akan pake buku tabungan ayah^^
    terimakasih
    *ditunggu balasannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya minta maaf ya . Untuk yg satu ini saya kurang yakin. Daripada jawaban saya menyesatkan, alangkah lebih baik kalau telp bagian visa, Embassy of Japan. :) wish u luck..

      Hapus
  34. nanya mbak
    formnya bagusnya di ketik aja ato tulis tangan?

    aku pergi tahun depan dan kemungkinan udah lulus dan belum bekerja jadi pengangguran
    jadi di current position nya diisi apa mbak?
    atau kosong aja
    dan ini perginya dengan uang tabungan ku sendiri jadi bukan sponsor orang tua...
    kalo harus sponsor orang tuaku ga kerja jg, cuman buka warung + warnet dan ga ada siup nya
    jadi bingung mau diisi apa dibagian pekerjaan sendiri dan orang tuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sih diketik.. tp kl ga bisa ya tulis tangan.. :p

      Pekerjaan tulis mahasiswa aja mungkin ya.. Maaf aku juga kurang yakin untuk yang satu ini "(

      Hapus
  35. Hai...hai.... salam kenal ya.... Berguna banget nih, aku lagi ngumpulin artikel pembuatan visa jepang, secara ticketnya ud ditangan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai.. terima kasih sudah membaca.. ^_^

      Happy travelling :)

      Hapus
  36. hai mba arum..mau nanya nih..surat keterangan kerja dan surat keterangan mahasiswa, kalo mau dilampirkan, pake bahasa indonesia atau bahasa inggris ya?
    postingannya membantu banget nih, krn kami mau ke Jepang, Insya Allah, 3-10 Sep ini. Berarti 7 hari kan ya? mau menghitung biaya selama disana nih. Oya, mau confirm nih,standar Rp1,000,000,- itu utk satu orang per hari kan ya?
    Saya rencana apply visa 4 Agustus ntar, masih aman kan?
    Mohon pencerahannya ya...
    Terima kasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiii...

      Pakai Bahasa Indonesia maupun Inggris gak masalah.

      Rp. 1.000.000 per orang itu udah sangat aman untuk ukuran backpacker.

      Kalau apply visa tanggal 04 agustus berarti nanti visanya valid dr awal agustus sampai awal november sepertinya.

      Sorry late reply, banyak tugas negara jadi vakum di blog agak lama :(. But i'm back.

      Hapus
  37. Mbak, saya mau nanya,
    saya ada kemungkinan ke jepang oktober ini.
    saya belum pernah keluar negri, jd untuk permohonan visa nya dikabulkan ga ya ?
    Biaya saya selama di jepang di tanggung oleh teman saya yang dijepang.
    jd akan menggunakan rekening tabungan dia.
    yg saya mau tanya, apa boleh saya melampirkan hasil scan saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Persyaratan Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Teman untuk berbeda dengan syarat untuk visa yang saya apply "Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri" (tulisan diatas).

      Detail lengkap persyaratannya bisa cek di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_2.html

      Semoga berguna ^_^

      Hapus
  38. mbak mau tanya nie..
    kalau saya booking hostel nya lewat booking.com bisa gak ya buat apply visa..???
    soalnya kan kl di booking.com bayarnya belakangan..
    thanxs sebelumnya..
    salam ransel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam ransel..

      Saya selalu booking lewat hostelworld.com. Sistemnya sama seperti booking.com. Saya sudah dua kali apply visa dengan bukti booking di situs tersebut, dan selama ini tidak ada masalah sama sekali.

      Semoga bisa membantu ^_^

      Hapus
  39. halo Mbak mau tanya dong..

    waktu apply visa Jepang kemarin gak lampirin bookingan penginapan ya?

    tq,
    Jerry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, mas Jerry

      Saya lampirkan bukti booking saya komplit hostel maupun flight.

      Hapus
  40. Kak mohon infonya dong.

    Saya telah berencana dan membeli tiket promo ke Jepang PP bulan maret 2015 dengan teman saya, namun saya belum memiliki rekening bank, tetapi teman saya yang akan membiayai seluruh perjalanan saya di Jepang. Yang ingin saya tanyakan:
    - Apakah saya bisa mengajukan visa dengan menggunakan saldo rekening teman saya?
    - Jika bisa apakah memerlukan perjanjian materai atau dokumen sebagainya?

    - Saya akan tiba di Nagoya dan di hari yang sama, saya akan langsung berangkat ke Osaka menggunakan kereta, apa yang saya tulis utk itinerary -nya? (karena yang saya tahu, satu kolom itinerary hanya bisa digunakan utk satu tanggal kepergian dan satu wilayah yang sama)

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu aku untuk permohonan visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri, kita wajib menyertakan dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan seperti rekening koran maupn buku tabungan 3 bulan terakhir, tapi kalau penanggung jawab bukan ayah atau ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya. Nah untuk ini, saya kurang yakin kalau ditanggung teman bisa. Mungkin info lebih jauh bisa menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bagian konsuler di (021) 3192-4308.

      Kemudian mengenai itinerary, setahu saya tidak masalah menyebutkan kota yang berbeda asal masih dalam batas wajar. Tulis saja di situ : tiba di nagoya, Menuju Osaka Castle. Nanti di lokasi menginap diisi lokasi penginapan di Osaka.

      Semoga bisa membantu ^_^

      Hapus
  41. sekarang ud ada free visa ke jepang mulai januari 2015 ...............syaratnya buat pasport elektronik ....gmana ya ada infonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam minggu ini akan diposting. Sudah dalam tahap akhir editing :)

      Semoga ^_^

      Hapus
  42. Salam kenal...akhir maret 2015 saya akan ke jepang dengan biaya sendiri selama 5 hari...pekerjaan saya adalah freelance design grafis...saya mempunyai npwp tapi tidak mempunyai siup..jumlah di rekening tabungan sekitar 25 jt...saya beberapa kali ke singapura, 3 x ke hong kong, 3x macau, 1 x ke korea...apakah kira kira pengajuan visa saya bisa disetujui?...wkt pengajuan visa korea ada pihak sponsor dari korea....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya saya juga pernah ke india 1x tetapi utk visa india saya pakai VOA...terima kasih

      Hapus
  43. Saya mau kejepang tahun ini, apakah ada yg mau gabung? Krn sy hny sendiri, kla adateman sy ingin mewujudkanimpian sy ke jepang,kasih kabar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berangkat dri jkrta-osaka 25 april 2015

      Hapus
  44. Klo rekening baru apkah bsa ngurus visa ke jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. persyaratannya copy rekening 3 bulan terakhir, kalau menurut saya sebaiknya jangan rekening baru. IMHO :)

      Hapus
  45. Klo rekening baru apkah bsa ngurus visa ke jepang

    BalasHapus
  46. Klo rekening baru apkah bsa ngurus visa ke jepang

    BalasHapus
  47. halo arumi.. nanya ya.. kalo kita berangkat atas biaya sendiri, di bagian partner's profession/ occupation itu dikosongin aja apa ditulis none? thanks :)

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Halo Mbak saya mau nanya. Kalo seandainya aplikasi visa kita ditolak, itu jadinya kita tetep bayar atau gausah ya? Makasih mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tahu. tapi sepertinya tidak bayar karena proses pembayaran dilakukan ketika pengambilan visa. thx :)

      Hapus
  50. Halo Mbak Arum, informasi yang sangat membantu ketika saya kelabakan mencari 'berapa saldo yang harus tersedia di rekening ketika apply visa Jepang' namun ada yang ingin saya tanyakan mengenai hal tersebut.

    Jadi begini, saya sudah membeli tiket PP Jakarta-Tokyo 11 Oktober-21 Oktober tahun ini, penginapan sudah dibooking dan jadwal perjalanan sudah dibuat, jika menghitung dengan cara Mbak Arum, maka dana yang tertera di rekening harus(?) sekitar 15.000.000, rekening saya sekarang tidak sampai di angka tersebut.

    Jika saya langsung menyetor 15.000.000 ke rekening saya, apakah itu tidak dicurigai oleh pihak kedutaan? Atau saya harus mulai menyetor 5.000.000 setiap bulan agar ketika di bulan ketiga (Agustus atau September) dan meminta rekening koran, rekening saya sudah berjumlah 15.000.000?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya telat balas, tapi semoga jawaban ini bisa membantu yang lain dengan masalah sama

      lebih baik sih rekening dengan aktifitas bagus. jadi selalu ada pergerakan tiap bulannya. Tapi kalau tidak ada, langsung setor 15 juta juga ga masalah.

      Hapus
  51. saya sekarang masih terikat kontrak 1 thun kerja sbagai kenshusei. setelah selesai kontrak, rencananya saya pengen k jepang lagi atas undangan pacar saya (cewek jepang)..
    akan tetapi saya belum ada niatan untuk nikah dulu .
    kira kira visa yang dipakai yg bagaimana y mbk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Teman. persyaratannya bisa dilihat di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_2.html

      Hapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Mbak,kalo untuk kepergian perorangan, pas ngurus visa apa wajib menyertakan akta kelahiran?

    BalasHapus
  54. Untuk surat keterangan kerja itu oenting gak yah? Soalnya saya sudah beli tiket tp rencana mau resign / ganti tempat kerja gt. Mohon infonya yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru balas. Surat keterangan kerja itu wajib kecuali kalau sedang tidak bekerja :)

      Hapus
  55. Hai mbak , saya ingin sekali kejepang . Saya lagi proses menabung .
    Jika saya ingin ke jepang dengan adik saya tanpa orang tua , dan saya baru lulusan smk . Trus rekening tabungan pakai orang tua kedua nya? Apa boleh jika orang tua tidk ikut ke jepang , cuman saya dan adik saya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. semangat ya menabung..

      jangan patah semangat!!

      Boleh pake rekening orang tua kok, dan orang tuanya tidak harus ikut berangkat. Kasih tambahan dokumen yang lainnya lagi saja seperti surat keterangan dari orang tua

      semoga berguna ^_^

      Hapus
  56. assalamualaykum mbak arum. salam kenal. itu bookingan hotel yg dilampirkan harus selama jalan2 di sana ? kalau misal, dari 4 hari jalan2, cuma 2 hari nginep di hotel, boleh tidak yah ?
    maaf, saya sudah tambahkan mbak Arum sebagai teman di facebook, niatnya biar bisa tanya2 lebih, hehe.

    BalasHapus